Apakah Anda Kaya?

Dalam suatu perjalanan saya pernah ditanya oleh seorang teman. Demikian pertanyaannya, "Menurutmu, kamu merasa kaya tidak?" 

Waktu itu saya terdiam sejenak, lantas saya menjawab. "Kalau menurut saya, kaya itu tidak harus berarti memiliki harta yang banyak. Kalau demikian saya bisa merasa kaya. Karena kaya dapat diartikan  memiliki sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang lain "

"Oh begitu ya" kata teman saya. Kemudian dia berkata, "Memang, kaya tidak harus mempunyai banyak harta. Banyak ilmu, banyak memberi manfaat pada orang lain, itulah kaya yang sebenarnya."

Perkataan teman tadi sampai sekarang masih saya ingat. Setelah dipikir-pikir lagi, kita merasa kaya kalau kita banyak bersyukur atas apa yang telah Allah berikan. Badan yang sehat, keluarga yang bahagia, kesempatan belajar merupakan sedikit dari nikmat yang Dia berikan. Belum lagi udara yang kita hirup, bumi yang terhampar untuk tempat kita beraktivitas, dan masih banyak nikmat lain yang kalau samudera menjadi tinta dan seluruh pohon di muka bumi menjadi pena, tak akan sanggup menulis semua nikmat dan kebesaran-Nya.

Hal lain yang menjadi renungan adalah, dengan memberi maka berarti kita kaya. Karena jika kita memberi, maka berarti kita mempunyai kelebihan dan tidak merasa kekurangan. Ini yang disebut Stephen Covey sebagai 'mental berkelimpahan' (abundance mentality). Kita hanya memberi apa yang kita punya. Jika kita dapat memberi harta berarti kita memiliki harta, memberi ilmu berarti kita memiliki ilmu, memberi kasih sayang berarti kita memiliki kasih sayang dalam diri kita. Tidak mungkin kita memberikan sesuatu yang kita tidak punyai. "Poci yang berisi teh hanya akan mengeluarkan teh", begitu ungkapan yang semakna dengan apa yang saya sampaikan tadi.

Kaya tidak hanya berarti memiliki sesuatu. Lebih jauh lagi, kaya bermakna memberi. Memberi apa yang telah kita miliki. "Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah".

Sekarang jika pertanyaan yang serupa saya tanyakan kepada Anda, apa jawaban Anda? Apa pengertian kaya menurut Anda?

1 tanggapan:

Posting Komentar